Pengabdian Masyarakat Program Doktor Ilmu Agama UHN I Gusti Bagus Sugriwa: Penanaman Pohon Pisang untuk Upakara di Ashram Gandhi Puri

Program Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Ashram Gandhi Puri, Desa Pasekbali, Kabupaten Klungkung, Bali-Tupasca(nia/ebi)

Bagikan

Klungkung-Pascasarjana, 28 Mei 2024 – Program Doktor Ilmu Agama Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Ashram Gandhi Puri, Desa Pasekbali, Kabupaten Klungkung, Bali yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen pada program doktor Ilmu Agama Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Kegiatan ini mengusung tema “Orientasi dan Penanaman Pohon Pisang untuk Upakara di Ashram Gandhi Puri, Desa Pasekbali, Klungkung-Bali”.

Ketua panitia, Dr. Wayan Sukabawa didampingi Sekretaris Dr. I Gede Suwantana, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada pendiri Ashram Gandhi Puri Klungkung, Ida Rsi Putra Manusia, atas penerimaan yang hangat dan dukungan yang diberikan untuk melaksanakan kegiatan ini. Dalam sambutannya, Dr. Wayan Sukabawa juga menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk nyata pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Program Doktor Ilmu Agama.

Ida Rsi Putra Manusia, selaku pendiri Ashram Gandhi Puri, menyambut baik kehadiran para akademisi dan mahasiswa dari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Program Doktor Ilmu Agama karena telah memilih Ashram Gandhi Puri sebagai lokasi pengabdian. Ida Rsi Putra Manusia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi lingkungan melalui penanaman pohon pisang.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dibuka secara resmi oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, yang diwakili oleh Dr. I Made Adi Brahman. Dalam sambutannya, Dr. I Made Adi Brahman menegaskan komitmen universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denapsar dalam mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini adalah Ketua Program Studi Doktor Ilmu Agama, Dr. I Gusti Made Widya Sena, S.Ag., M.Fil.H, yang didampingi oleh Sekretaris Program Studi, Dr. Anak Agung Ngurah Budiadnyana, S.Pd., M.Pd. Kehadiran para pimpinan program studi ini menunjukkan dukungan penuh terhadap kegiatan pengabdian masyarakat dan pentingnya sinergi antara institusi pendidikan dan masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon pisang dilaksanakan dengan penuh semangat oleh para mahasiswa dan dosen. Pohon pisang dipilih karena memiliki nilai penting dalam upacara keagamaan di Bali serta manfaat lingkungan yang besar. Diharapkan, penanaman pohon ini dapat menjadi langkah awal untuk kegiatan konservasi yang lebih luas di masa mendatang.

Pada penutupan acara, Dr. Wayan Sukabawa menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi program studi lainnya untuk turut serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.-Tupasca(nia/ebi)

 

Search

Berita Terbaru

Berita Kampus

Artikel

Vidyottama Sanatana

International Journal of Hindu Science and Religious Studies (pISSN: 2550-0643 and eISSN: 2550-0651)

Artikel Ilmiah Prodi S3

Artikel Ilmiah Program Studi Ilmu Agama Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

Pengumuman